Sunday, March 8, 2015

Antara Besar Dan Kecil

Antara Besar dan Kecil adalah catatan yang ingin untuk dicatat untuk hari ini, sebagai bagian dari catatan kehidupan.

Antara besar dan Kecil mungkin merupakan hal yang tidak bisa untuk dipisahkan ( Mungkin ), karena dimana ada besar maka disitu pasti ada yang kecil, begitu pula sebaliknya.

Hubungan antara besar dan kecil itu sudah banyak terlihat dalam kehidupan ini, dimana yang besar terkadang atau selalu memonopoli yang kecil, dan yang kecil pun selalu dimonopoli sama yang besar.

Terkadang dalam kehidupan, ada yang secara tidak langsung dan ada juga yang secara langsung, apa yang dilakukan oleh yang besar itu membuat yang kecil tidak berdaya hingga mati.

yah, mungkin bukan mati secara tubuh, akan tetapi mati kata atau mati langkah, dan terkadang seperti itu. tapi itulah kenyataan yang mungkin harus bisa untuk diterima.

yah, sehingga terkadang jika tidak ingin menjadi yang kecil, maka banyak yang berusaha untuk menjadi yang besar, agar tidak dimonopoli melainkan memonopoli.

terkadang yang besar selalu menggunakan kebesarannya untuk melakukan apa yang ia inginkan, tanpa ada beban terkadang ia berjalan menabrak  apa yang menurutnya kecil, munkin ada kesengajaan, mungkin juga tidak. akan tetapi terkadang ( selalu ) seperti itu, sehingga ada 2 hal yang
terkadang muncul, yaitu :
1. Jika yang besar ini menabrak dengan sengaja, maka tanpa merasa bersalah, yang besar ini terus berjalan dengan sebuah kebanggaan bahwa
ia adalah yang besar, dimana yang kecil tidak dapat berbuat apa-apa kepadanya.

2. jika yang besar ini menabrak dengan tidak sengaja, maka mungkin saja ia akan terlihat sedikit prihatin atau sedih dan mungkin saja ia tidak peduli
dengan apa yang telah ia tabrak.yah, itu tergantung dari yang besar itu sendiri.

Seperti contoh sederhana saja, dimana contoh ini saya ambil ketika tadi ( 8 Maret 2015 ), saya berjalan keluar dari Kamar Kost saya, dan dimana contoh ini jugalah yang membuat catatan "Antara Besar Dan Kecil" ini ditulis.

Dengan bangga saya berjalan, karena saya merasa bahwa saya adalah yang besar. yah, besar diantara yang kecil atau yang terkecil. berjalan melangkah sesuka hati saya, selama menurut saya tidak ada yang lebih besar di depan saya.

Sebelum Keluar, saya berdiri. yah, tepat ketika saya telah berdiri, saya melihat di lantai kost terdapat beberapa semut yang lagi sementara berjalan saya juga tidak tahu, apa yang mereka cari.

Ketika saya melihat semut itu, dipikiran saya langsung muncul, ternyata mereka itu sangat kecil dibawah kaki saya, mereka bekerja dan tidak memikirkan nyawa mereka. yah, saya terlihat besar dari mereka.

saya juga berpikir, selama ini sudah berapakah diantara mereka yang telah mati diinjak oleh kaki saya, sehingga terkadang tanpa sadar saya selalu berjalan tanpa memperhatikan mereka yang kecil. yah, mereka yang tidak mengganggu, tapi tiba-tiba saja ditindas tanpa sadar sama sang penindas.

yah, sempat terpikir seperti itu.

keadaan yang besar, terkadang membuat lupa akan yang kecil.

sudah aja, sekian dulu catatan untuk kali ini, mungkin catatan ini tidak memiliki makna yang besar, karena catatan saya tidak pernah untuk mencari makna, melainkan hanya untuk dibaca aja.

Sekian dan Salam

No comments:

Post a Comment